Trans Jogja Solusi atau…

27Nov07

shelter trans jogja

Sempet terheran2 melihat banyak pembangunan shelter bus di beberapa ruas di jalanan Jogja. Ada apa ada apa to? E, ternyata Jogja-ku ini akan punya moda transportasi baru ternyata. Mirip2 ama busway di Jakarta, bedanya kalo Trans Jogja gak punya jalur tersendiri. Sebagai bocoran :

  1. Bus akan beroperasi mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB
  2. Tarif untuk masyarakat umum Rp. 3.500 dan untuk pelajar/mahasiswa Rp. 2000,00 dengan sistem pembayaran elektronik (CardAcess)
  3. Pembayaran dapat digunakan untuk single trip atau berlangganan
  4. Bus berkapasitas 22 orang berdiri dan 19 orang berdiri serta menyediakan tempat untuk difabel
  5. Bus memiliki fasilitas AC
  6. Bus hanya akan berhenti di shelter – shelter yang tersedia dengan pintu otomatis
  7. Pada tahap awal bus ini akan menempuh 6 jalur berikut :

Rute 1A/1B : Candi Prambanan, S3 – Maguwo, Jl. Laksa Adisucipto, Jl. Sudirman, Jl. P. Mangkubumi, Malioboro, Jl. A. Yani, Jl. Trikora, Jl. Ibu Ruswo, Jl. Sultan Agung, Jl. Kusumanegara, JEC, Jl. Janti, Jl. Ringroad Janti, Jl. Solo, Bandara Adisucipto, Candi Prambanan.

Rute 2A/2B :Terminal Jombor, Jl. Magelang, Jl. Diponegoro, Jl. P. Mangkubumi, Maliboro, Jl. A. Yani, Jl. Trikora, Jl. Ibu Ruswo, Jl. Brigjend Katamso, Jl. Kol. Sugiyono, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Ngeksigondo, Jl. Gedong Kuning, Jl. Kusumanegara, Jl. Cendana, Jl. Gayam, Jl. Sutomo, Jl. Yos Sudarso, Jl. Wahidin, Jl. Sudirman, Jl. Cik Di Tiro, Jl. Colombo, Jl. Gejayan, Jl. Ringroad Utara, Monumen Jogja Kembali, Terminal Jombor

Rute 3A/3B :Bandara Adisucipto, S3 – Maguwo, Ringroad Utara, Terminal Condongcatur, Jl. Kaliurang, Jl. C. Simanjuntak, Jl. Sudirman, Jl. Diponegoro, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Pasar Kembang, Malioboro, A. Yani, Trikora, Alun-Alun Utara, Ngasem, Pojok Beteng Barat, Pojok Beteng Timur, Jl. Kol Sugiyono, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Ngeksigondo, Jl. Gedongkuning, JEC, Jl. Janti, Ringroad Janti, Bandara

Silahkan cek beritanya di sini atau di sini.

*Update :
Buat sampeyan yang sedang nyari-nyari photo bus trans jogja silahkan mampir di sini https://detnot.wordpress.com/2008/02/22/trans-jogja-dalam-gambar/
Silahkan di download, tapi jangan lupa menyertakan tautan link ke blog ini ya:mrgreen:



43 Responses to “Trans Jogja Solusi atau…”

  1. tapi tetep ajah macet😀

  2. Males ah, paling banyak copet juga😀

  3. pakai langganan ?
    trus card access nya ntar musti isi ulang n beli perdana dulu yach. . .
    weleh weleh

  4. hmmm kapan2 ke jogja ah

  5. 5 detnot

    @starboard
    yg penting punya busway😀

    @sandal
    gk usahbawa dompet dong jeng :p

    @pangsit
    ada abonemen nya gk jeng?😀

    @puput
    asl plis :-“

  6. di tuliskan : Bus berkapasitas 22 orang berdiri dan 19 orang berdiri serta menyediakan tempat untuk difabel

    kok nggak ada yang duduk sih? capek dong berdiri mlulu. nggak bisa duduk sebangku ama mbak-mbak cakep dong…

  7. mending duduk jeng, tinggal nyari tikar+kartu domino plus kacang rebus buat jagongan😀

  8. walah…. baru tau aq…. parah… ketinggalan banget aq beritanya…. :p

    anyway, terminal gedenya di mana ya…. tempat semua berpusat… ada kan pastinya??🙂

  9. 9 detnot

    @datum
    bentar ya ane guglingin dulu😀

  10. selamat.. dengan adanya angkutan umum yang baik, kota jogja akan menjadi lebih manusiawi.. jangan sampai kesalahan yang dibuat jakarta terjadi. jakarta seharusnya membangun angkutan masalnya 25 tahun yg lalu ketika kemacetan belum serumit saat ini. jogja beruntung karena pemerintah kotanya memikirkan hal ini sejak saat ini.
    selamat datang moda transportasi masal di jogja.

  11. @prabham
    saya sebagai orang Jogja, malah takut dengan keberadaan modernisasi angkutan masal di sini. Takut nuansa ‘Jogja’-nya ilang.
    Becak langka, apalagi dokar……sedih

  12. bener jeng “detnot”, nuansa jogja nya takut ilang, ga akan ada lagi yang nge-PIT seperti saya nantinya.

    kok ga ada yang lewat jalan monjali yach….😦

  13. 13 detnot

    @eko
    sampeyan usul ke DPRD aja jeng😀

  14. yg penting diatas jam 5 ada bis di jogja *msh heran knp gak ada bis stlh jam 5*

  15. @didut
    iya nih, d jogja masihksulitanbuat transportasi malem

  16. Boleh juga tu, dengan adanya trans Jogja masyarakat akan lebih nyaman. Tetapi bus2 lain yang sudah lama ada, harus dikurangi. Masalahnya bus2 skrang yang ada di jogja tu udah ga layak jalan. Nyopirnya Ngawur2an lagi, asal ambil penumpang dimana aja. Kan kasihan pengendara yang lain. Semoga Trans Jogja jadi solusi lalu-lintas yang oke….!thk u

  17. @maricho
    setuju
    saya sering deg2an kalo ada sopir bus yg tiba2 nyalip lalu berhenti seenak wudelnya di depan sayah😦

  18. menanggapi tulisan terdahulu…
    wah bukannya mau menghilangkan becak atau dokar mas.. justru saya lebih suka dokar atau becak.. tapi bisa kita lihat kan bahwa motor dan mobil menghancurkan kota jogja perlahan-lahan (anda pasti menyadarinya kan?). kebetulan ibu saya orang jogja. saya selalu menganggap ke jogja adalah pulang. namun setiap pulang, saya merasa motor dan mobil semakin menyesaki kota yang indah ini. asap dimana-mana. yang menghancurkan becak dan dokar bukan bus, tapi kendaraan pribadi kita.
    jadi angkutan masal ditujukan untuk mengurangi motor dan mobil yang berpolusi. justru becak dan dokar sedang didorong untuk diberdayakan untuk semakin menjadi ciri jogja (juga tentu saja sepeda). kebetulan saya tahu karena saya pemerhati kota. saya tahu persis bahwa ITDP (lembaga NGO di new york) dan dephub sedang memberdayakan becak, dokar, sepeda di jogja. trotoar di jogja (malioboro sebagiai percontohan) sedang diekstensifkan. nah angkutan masal (dalam hal ini halte bus yg sedang dibangun) dibuat agar warga yang ingin bepergian jauh bergantung kepada kendaraan umum, bukan kepada motor dan mobil yang berisik dan boros bensin.
    jadi buat warga jogja, percayalah bahwa angkutan masal tidak mematikan dokar atau becak, tapi lebih membuat jogja nantinya lebih manusiawi.

    kota yang gagal adalah kota yang tidak memperhatikan angkutan masal warganya. seperti jakarta.

  19. 19 detnot

    @prabham
    wak, mencerahkan bro
    thanks jadi nambah wawasan nih😀

  20. klo dibikin kaya’ busway yg punya jalur sendiri, Anda setuju ga Pak?

  21. 21 detnot

    @jeng mimi
    kurang setuju jeng, kesannya jalanya nambah ciut😀

  22. saya kok merasa Jogja lebih membutuhkan ANGKOT yang beroperasi siang-malam. jalanan sempit di Jogja kok saya rasa akan tambah macet kalo itu bus beroperasi..

    ah, tapi kita jangan bersifat apatis dulu. kita liat perkembangannya. kalo perlu kita dukung, sehingga bus TransJogja dapat memenuhi kebutuhan kita semua..😀

  23. @zam
    angkot bukanya malah nambahin macet kangmas?😀

    contoh kasus : bandung, bogor

  24. kok takut menghilangkan sepeda, dokar dan becak? yang ada sepeda motor dan mobil yang ngerusak suasana kota-kota di Indonesia. Emang udah saatnya kota-kota besar di Indonesia punya MRT agar polusi turun dan jumlah kendaraan pribadi juga turun.. it’s a good start.. terutama setelah ngeliat akses ke Prambanan jadi lebih mudah dan jelas.

    Saya baru ke jogja sekali taun 2005 dan saya merasa bahwa sangat kesulitan buat kesana-kesini naik angkutan bus umum karena nggak paham bakalan dibawa kemana.. well, sama aja sih kayak di Bandung atau Jakarta… Jadi baguslah udah mulai ada yang kayak gini. kalo boleh saran, haltenya agak tradisional baru keren.. busnya juga dihias2 ala jogja..

  25. bener tuh, Bandung contoh buruk per-trayekan angkot di Indonesia… gue yang dulu tinggal di Bdg juga merasa risih ama mereka.. dan udah ga jaman lagi bos nyetir ugal2an di tengah jalan segede upil kayak di Bdg… harusnya angkutan umum di kelola secara profesional!

  26. ++ jalankita ++
    thanks buat opininya bro

  27. 27 dodi ruchiyat

    teuing ah lieur

  28. 28 willy

    trans jogja………???????

    bagus banget….jogja tambah keren dengan adanya sistem transportasinya yang baru….but ini solusi atau malah nambahin masalah baru……???????

    dari hasil analisis aku ma temen2….
    dengan adanya trans jogja,kayaknya malah nambahin masalah kemactan di jogja…….

    analisisnya :
    – shelternya banyak di lokasi rawan macet……. (di utara ma timur mall ambarukmo)
    – volume kendaraan jogja lebih banyak dibandingkan dengan lebar jalan di jogja,palagi badan jalan di fungsikan sebagai lahan parkir………

    mending atasi dulu sistem ransport skarang……
    klu dah bagus baru aja trans jogja direalissasikan….
    dari pada,dari padakan…

  29. 29 willy

    lagian ini juga untuk perkembagan kota jogja……

    jadi kita dukung aja…….
    lagian siapa juga yang g mw liat daerah berkembang…..

    walaupun cuma pendatang,but perkembangannyapun dapat memudahkan kita smuakan…….

    yang penting…evaluasi tentang trans jogja di krosscek aja perkembangannya…….

  30. 30 E. Dirgahayu

    Akhirnya! Ada juga yang memikirkan dan menyediakan transportasi umum yang aman dan nyaman di Yogya hingga malam hari. Dengan ini, kesempatan untuk ikut les bahasa Inggris, melihat pameran di Bentara Budaya, pergi ke Gramedia, dan berbagai kegiatan lainnya menjadi mungkin.

    Aku tidak punya motor. Selama ini, aku harus merencanakan hariku hingga jam 5 sore saja, supaya tidak “kesorean” dan masih ada bis untuk pulang ke Kotagede. Sekarang, aku bisa lebih aktif dan leluasa. Saya bersyukur dan senang akan hal ini. Terimakasih, Pak Sultan!

  31. mungkin, buat yang tinggal di jogjanya enak..
    bisa mengurangi penggunaan motor atau mobil pribadi..
    nah buat yang di pinggir jogja nan mblusuk,
    ketergantungan ma motor sangat tinggi..
    apalagi bis ke daerah cuma sampe jam 6
    sebaiknya untuk halte yang lokasinya di pinggir kota sekalian dikasih tempat penitipan sepeda motor.. pasti lebih mantep deh.

  32. 32 de2

    hmmhh..
    sebenernye jogja tu blon terlalu butuh busway..
    cz lum padat2 bwanged tu…
    lagian juga dampaknya itu loh…
    kacian ma abang2 angkot ma kernetnya..
    jadi sepi pelanggan…
    mau dihidupi pake apa keluarga mereka…

    tapi.. sebenernya booming busway ini ga akan bertahan lama kok…
    paling2 klo tarif asli dah diberlakuin bakalan balik lagi ma angkota2 biasa…
    mungkin sih… hwehehehe

  33. 33 detnot

    +++ all comented +++
    tengkyuh buat opininya

  34. @de2

    De … hmm, keknya baru melihat dari satu sisi dan menilai dari pandangan sendiri nih.

    Begini ya de, TransJogja itu INTINYA peremajaan dari angkutan lama seperti KOPATA dan bus kota lainnya, nantinya bus kota2 itu akan dihilangkan dan digantikan dengan TransJogja. Jadi semua ini sudah dipikirkan oleh Pemda, bukan mematikan rejeki orang.

    Jadi ini bukan booming, dan kalo bilang Jogja belum padat banget? Wataw … disopirin ya de? hjadi ga tahu kalo macet, abang ni kalo nyopir mobil di jogja ga bisa lebih dari 30kpj loh … muacet banget lo de … bangun dong

    Hmm .. coba ya kalo berkomentar, ditelaah dulu lebih jelas kasusnya. ok?

    @dyah …

    yup, mendingan di halte dibikin penitipan motor, ato bisa jadi lahan bisnis baru tuh bagi yang kebetulan rumahnya ada di sekitar halter …🙂

    (kritik bersolusi gini bagus deh keknya … )
    ———

  35. wah trans jogja bagus tuh, usaha yang bagus,
    kalo di optimalkan bisa mengatasi banyak masalah,
    seperti kemacetan, polusi, bbm, biaya transport, tapi kalo sekarang belum keliatan, paling keliatan 10 atau 20 tahun lagi, kaya negara maju tuh, yang ada mass transportnya tuh

  36. 36 adiarsa

    trans jogja itu bikin jogja lebih cool…
    coba bayangin, banyak turis ama wisatawan ke jogja…
    secara jogja kan kota pariwisata, kalo ada ginian, i mean, trans jogja, kan jadi lebih keren….
    jangan pada pesimis dung….

  37. waaah… tetep enakan naik bus kota. hehehe..

  38. 38 Wilson

    Saya sangat nyaman dengan adanya Busway, gak perlu takut kalau pulang di atas jam5,jam dimana gak ada angkutankota. Semoga ada penambahan rute/halte dan bisa beroperasi mpe jm 11 gitu deh. Untuk bis2 kota supaya bisa dikurangi(banyak bis kota yg sudah tidak layak & menghasilkan banyak polusi). trus supirnyadi rekrut trans jogja aj biar gak nganggur (tentunya perlu ditraining dulu supayamenjadi supir yg berkualitas:))

  39. 39 ratih

    kok diliat2 trans jogja tuh useless ya, sama ja kayak di jkt, niatnya mo ngatasi macet eh malah nambahin….
    mbok ya back to heritage tho,,, mendingan lestariin becak ma dokar daripada neko2 mengatasnamakan modernisasi tapi malah banyak yang dikorbankan….
    udah terlalu byk masalh dengan penuhnya motor ma mobil, eh malah tambah lagi satu biyang kerok perusak jogha…
    mo dibawa kemena ni kota kedepan nya ya…..
    bingung nich,,,,
    tambah g nyaman tinggal di jogja…
    ya sutra lah……

    • 40 blanc

      Yup kayanya emang TJ tetep banyak manfaatnya, dan bny yang memanfaatkannya. coba kalo angkutan2 kota yg lain di merge aja jadi trans, jadi ga cm dikelola Jogja Tugu Trans aja, siapa tau KOpata, puskopkar juga ikut, kan bisa lebih rapi, ga ada kejar setoran, bus lebih aman dan nyaman. jadi tambah bny yg pake transportasi umum, ngurangi polusi.
      becak ama dokar emang kudu tetep lestari, tapi apa y kalo lagi butuh yang lbh cepet mesti maksain? bisa telat ngantor, sekulah dll dumz.

      @ Ratih
      pindah aja kalo udah ga nyaman. wkwkwkwk.

      piss

  40. Info yang menarik Bro, Semakin lengkap infonya maka akan semakin baik pula situs ini. Salam kenal dari 212. Ditunggu kunjungan balasannya ke situsku : http:// naga212geni.blogspot.com Terimakasih. Melanjutkan Blogwalking dulu…


  1. 1 .: Inspiring Pucca :. » Jogja Punya Busway loh..
  2. 2 Vandalisme : Belum Lagi di Pake…. « s i m p l i c i t y w h e r e i a m®

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: