In Memoriam…

14Jan08

Pada awal-awal pergerakan Reformasi di tahun 1998, saya sempat ikut dalam hingar-bingar menyuarakan ketidakadilan rezim saat itu yang penuh dengan kolusi, korupsi dan nepotisme. Sebuah rezim yang akhirnya tumbang dengan tidak hormat, di gusur secara paksa oleh koalisi mahasiswa dan rakyat yang sudah teramat bosan dengan kepalsuan, tekanan dan intimidasi dari pemerintahan yang berkuasa.

Saya masih teringat ketika bersama kawan-kawan seperjuangan dari berbagai elemen mahasiswa dan rakyat mengadakan long march dari Jln. Gejayan menuju RRI di Kotabaru untuk menyuarakan inspirasi kepada pemerintah yang berkuasa saat itu. Tidak kurang dari 2 jam RRI berhasil diduduki dan inspirasi dari kamipun berhasil di suarakan.

Suhu politik di Jakarta yang sangat panas saat itu, ikut mempengaruhi berbagai pergerakan di Jogjakarta untuk ikut menuntut perubahan sesegera mungkin. Tidak mudah memang, ada banyak nyawa yang harus di tebus untuk mengumandangkan kata perubahan Reformasi. Tak terkecuali satu nyawa hilang di Jogjakarta saat itu, dan kini di abadikan sebagai Jl. Mozes Gatotkaca.

Semua kenangan heroik ditahun 1998 itu bangkit kembali di benak saya, seiring bekas sang penguasa rezim itu tergolek lemah tak berdaya di sana, wara-wiri diberitakan setiap jam di berbagai stasiun televisi.



18 Responses to “In Memoriam…”

  1. loh ikut2 demo2 an juga tah waktu itu

    gejayan sampe RRI.. kok cuman deket seh.. jauhan dikit donks
    *siyul2

  2. 2 detnot

    @pangsit
    yup, maklum masih dulu masih mhswa baru jadi masih semangat ngikut2 demo😀

    Gejayan – RRI jauh kok, wong rute-nya muter-muter dulu, ngampiri yang lain yg mau ikut demo :p

  3. 1998? wah baru umur 10 taon. hihi..
    ga tau yang kaya gitu-gituan.. waktu itu baru kenal gundu.😀

    tapi sekarang mah… ikhlasin aja kesalahan orangnya, tapi hartanya tetep dituntut. biar tuh orang (ntah siapa) ga tersiksa dengan penyakitnya..

    semakin banyak rakyat indonesia yang mengikhlaskan, semakin cepet pula tuh orang terbebas dari penyakitnya meninggal yang syukur-syukur sembuh. amin.

    btw waktu itu ke RRI nyuarain apaan jeng? nyetel JAV yak di RRI? ck ck..

  4. 4 detnot

    @imam
    nuntut “Yang Akung” segera lengser :p
    jaman dulu belum tau JAV, taunya baru ama buku stensilan =))

  5. hiks sembilan-lapan…

  6. Wew…

    98 saya masih SD klo gak salah..
    Ngeri banget waktu ntu..
    Rusuh dmana2…

  7. Saya juga ikut. Waktu itu saya habis donor darah melakukan long march dari RSUP Sanglah menuju Kantor DPRD Bali.

  8. 98 yang mencekam tampaknya…
    diceritakan ama kakak angkatan saya kalo waktu itu sempet kejar2na dengan aparat…
    anyway… 98 tahun yang merah memang….

  9. 9 detnot

    @caplang n’ datum, imcw
    98 yang suram

    @adit
    berarti sampeyan seangkatan sama jeng sendal😀

  10. semoga gak akan pernah terulang lagi…

  11. 11 Hoek Soegirang

    huh….dan bisa-bisanya mereka-mereka para pejabat lebih prefer njenguk sang bapak pembangunan dibanding ziarah ke makam para pahlawan reformasi……..

  12. wah masih SMP, nggak mudeng demo….

  13. @jimmy
    amin

    @hoek
    setuju bro

    @jiban
    tapi kalo cewek tetep mudeng kan jeng?😀

  14. Wew.. waktu itu saya masih SD kelas 6.. dan semasa itu sekolah diliburkan karena di Jkt suasana mencekam.. (tapi anehnya saya ikut2an ngejarah lho.. abisnya diajakin teman sih, untungnya saya gak terpanggang)

  15. @ridu
    wakakakka, njarah dapat apa bro?

  16. males ngliat tipi yg penuh dengan bapak..

  17. stey ++ sammmaaaaa

  18. waktu semanggi, saya dikepung dari karet dan semanggi, ada ditengah-tengah, didepan universitas atmajaya, untung ada yang nolongin masik ke universitas tersebut, ga berapa lama dar dir dor…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: