Ganti Status….

18Feb08

Sampeyan pernah kepikiran bosen dengan keadaan dan status sekarang? maksud saya umpamanya sampeyan yang biasa jadi karyawan pengen berubah status jadi pimpinan atau apalah…yang penting ada perubahan status ke arah yang lebih baik. Tentu dengan harapan dapet gaji yang lebih besar dan naiknya status sosial.

Saya juga kadang punya perasaan bosen di suruh-suruh ini itu, apalagi kalo udah menyangkut pekerjaan yang di kejar deadline…..rasanya pengen saya berganti posisi jadi juragan, enak bisa nyuruh-nyuruh orang.

Hingga, hari minggu kemaren saya ketemu temen saya yang kebetulan lagi dapet promosi naek jabatan jadi Kepala Bidang di kantornya. Tentu saja temen saya ‘mensyukuri’ promosi jabatan yang di terimanya itu, akan tetapi disela-sela kebahagiannya ternyata dia juga menyisakan banyak sedikit kegundahan di hatinya, dan curhat-lah dia kepada saya.

Sebelum naik jabatan, temen saya itu tergolong orang yang sangat sederhana. Pergi ke kantor hanya naek motor yang tidak bisa di bilang bagus, dengan membawa tas ransel dan henpon lawas seharga tidak lebih 200rb rupiah. Tentu tanpa bawa leptop tentunya. Sebagai karyawan biasa, kesehariannya itu tidak membuat dia malu atau minder kepada rekan-rekan sekantornya, mengingat jabatan dia yang hanya seorang karyawan biasa.

Akan tetapi, setelah dia menjabat Kepala Bidang di kantornya dan membawahi beberapa staff, sekarang kegundahan sering melanda hati dia. Ada perasaan malu dan minder setiap kali berhadapan dengan orang. Yang dahulu dia dengan bebas pergi ke kantor dengan naek motor, sekarang dia mulai minder melihat Kepala Bagian yang lain yang bawa mobil. Yang dahulu, kesana-kesini menggendong tas ransel, sekarang mulai tidak nyaman melihat rekan-rekan lainnya yang pakai tas jinjing berisi leptop. Bahkan yang terparah, dia bahkan minder sama staff-nya sendiri yang mempunyai henpon N series, jauh bagai bumi dan langit dengan henpon yang dipegangnya yang berharga dua ratusan ribu.

Saat itu saya cuma bisa menghela nafas panjang, perubahan status yang saya idam-idamkan ternyata tidak seindah yang saya pikirkan sebelumnya. Ada banyak konsekuensi….harus ada kesiapan dan ketahanan mental.

Lantas, kebahagiaan yang selama ini saya lamun-lamunkan….terbang tinggi……dan mengharuskan saya kembali kepada pakem lama “mensyukuri apa yang saya dapat saat ini”.

Sayup-sayup nasehat dari bapak menyeruak di kepala “Uwong kuwi mung wang sinawang Le” .

(Maaf saya belum dapet menemukan padanan yang tepat untuk terjemahan nasehatnya)



34 Responses to “Ganti Status….”

  1. pertamax!😀
    tapi jeng.. sedrastis apapun perubahannya, saya kok tetap berpikir kalau setiap manusia pasti bisa menghadapi ya.

    jadi kapan nih sampeyan jadi pimpinan juga ?

    sorry, bahasanya kacau. begini ini jadinya kalau bangun tidur langsung kasih komen😀

  2. ++ pengki ++
    siyap jeng
    btw
    sayah kan udah jadi pimpinan di perusahaan bernama rumah tangga😀

  3. lha klo “kepala” yang lain bisa dapet mobil sama leptop, ato henpun yang bagus
    seharusnya kepala yang ini juga bisa donks.. .
    mungkin harus digiatkan lagi korupsi nya

  4. +++ pangsit +++
    blethaaaaaak entar saya sampeikan kepada yang bersangkutan :-“

  5. 1. bukan perubahannya yang difokus, tapi, .. klo dah berubah, . terus mo ngapain, .. itu yang lebih penting
    2. seringkali, .. yang terkatakan, . tidak mewakili yang sesungguhnya dirasakan oleh yang mengatakan,. … so,. .. respon seperlunya,. …. (xixixi)
    3. seorang pengeluh, … mo diapain ajah, …. di mana ajah,. … tetaplah seorang pengeluh,. …. (heu heu heu)
    4. masalah nasehat, … lebih baik diaplikasikan,. … tidak dipadan-padankan kok,. .. klo diaplikasikan,. . malah lebih mengendap dan mengkristal fungsinya, …
    5. jangan gampang membatasi diri untuk ini dan itu bos, …. xixixi
    6. sorry buangeti nek terlalu serius aku,. . whakakakakaa
    7. aku hanyalah sekedar menyawang dirimu bos,. … wang sinawang, ….

  6. +++ bebeksgts +++
    wakakakakakka hidup memang wang sinawang bosss

    saya juga sedang nyawang sampeyan yang leyeh2 di rumah dengan “duit” yang nyamperin sampeyan.
    beda dengan saya yng musti ngejar2 duit dibela2in kepanasan dan kehujanan😀

  7. eits, .. ntar dulu bos,. … bayangkan yang di pinggir jalan,. ngepruki watu, ….. ato tukang becak yg lebih ekstrim, …. xixixi (sorry, .. wis wawancara dhewe kro mereka)
    maju terus bos !!!!!! (ketoke wis mulai ngerti ki wang sinawang, .. heu heu heu)

  8. +++ bebekgts +++
    makanya saya nulis ini :

    “mensyukuri apa yang saya dapat saat ini”

  9. seep, .. maju terus bos !!! (mendukung)

  10. waaah enak tuh…tapi dia berpikir klo jadi pimpinan staff nanti para staffnya teringat2 dia yang dulu kek gimana😀, tapi klo kerjanya memang diakui bagus ngapain musti minder??

  11. +++ bees +++
    wew, tumben omongan ente ‘dewasa’ banget jeng
    ada benernya juga, moga temen saya baca postingan ini😀

  12. halah..kuwi comentnya funkshit kok menjerumuskan,,hahaha

    eniwei, tul jeung.. bersyukur itu paling yahud, saya bersyukur walau hanya karyawan biasa sing disuruh2 trus saya bisa menikmati inet dan jadi blogger,,hahahaa

  13. +++ ika +++
    iya jeng, saya juga beryukur bisa inetan gratis xixixiixix

  14. kalo kata org bijak mah : “mendongak keatas makin silau, melongok ke bawah akan hati2 dan bersyukur…” jadi..enjoy and be grateful of what u have now🙂

  15. Bukannya sampeyan udah berubah status menjadi “bapak” jeng?

  16. +++ sendal +++
    iya jeng, tuh udah ada di komen #2

  17. tak kirain statusna disamakan.. heheheee…

    +++ emangnya skolahan😀 +++

  18. @Vcrack: memangnya sekolahan

    baiklah bung lebih baik kita mensyukuri keadaan kita sekarang dan berusaha lebih lagi, semoga temannya bisa menjadi motivasi tersendiri

    +++ stuju +++

  19. perubahan status yang saya idam-idamkan ternyata tidak seindah yang saya pikirkan sebelumnya. Ada banyak konsekuensi….harus ada kesiapan dan ketahanan mental.

    ini benar sekali ! Jangan hanya dilihat dari haknya, tapi juga liat konsekwensi (baca:kewajiban2) yang menyertainya.
    Perhatikan perbedaan bos dan staff ketika : traktiran makan, saweran sumbangan, dll. Juga perhatikan bedanya manajemen dan staff ketika udah urusan meeting-meeting dan meeting.

    +++ iya bro +++

  20. wah saya dari dulu pengen ganti status jeng
    pengen deh jadi sekretaris tp yg bosnya cantik…
    trs disuruh2 apa aja saya pasti mau, apalagi disuruh gantiin bajunya
    gantiin celananya dll….

    *semoga ini jadi kenyataan ya jeng, mohon doanya* :”>


    ++++ saya doaken se doa-doanya Jang, biyar si eneng jadi istri sampeyan ++++

  21. iya bener, kita harus bisa mensyukuri apa yang kita dapat saat ini, dengan bersyukur, maka Tuhan akan menambahkan nikmat kepada kita..

    +++ amin +++

  22. aku g tau ya gmn rasanya berada di dunia kerja dg jabatan yg variatif, soalnya belum ngalamin sih. tp berdasarkan pengalaman aja, kajur bukan orang sembarangan, kl dy mau dy bisa pakai sedan (meskipun buatan jepang)kluaran terbaru, but u know, he still ride his old motor to go to campus, with lappy bag around his shoulder, and her hand phone is still N***a 3something. jd menurutku punya jabatan lebih tinggi bukan berarti kt harus melebihkan style kita.
    “Uwong kuwi mung wang sinawang Le” mungkin dlm bhs indonesia bisa diartikan hidup itu hanya saling melihat/memandang

    +++ makasih buat terjemahannya +++

  23. Hmm… Ndak bpikir sjauh itu…
    Tapi klo orangnya cuek2 aja, mungkin bakal kuat dan gak minder…

  24. Perubahan itu memang sulit dan ndak bisa instan Om…
    Musti siap lahir-batin dunia-akhirat..
    *Halah..

  25. Ingat SABDA Baginda “U Know Who” yg pertama :

    DiriKU, bukan DiriMU, bukan Dirinya, dan bukan Diri MEREKA…..(tiada seorang manusiapun yg sempurena didunia ini)

    .::he509x™::.

    +++ adit, nazieb, manongan ++++
    siyyap paduka

  26. Saya bosan jadi mahasiswa… *baru 6 julan jugaaaa*

    +++ kbnykn ngeblog sih😀 +++

  27. kalo kata saya sih cuek aja.. daripada buat beli henpon bagus dan leptop, mendingan duitnya ditabung.. biarin “kulitnya” gak bagus, tapi isinya mantap!


    +++ perspektip bagus jeng +++

  28. situ jeng musti ganti status tuh…. saban hari invisible molo😛 available ngapa? ya ya..

    +++ saya gak invisble kok jeng, saya pake ID yang laen😀 +++

  29. hhmmm… selama dunia masih berputar, roda kehidupan juga akan terus berputar kan Pak?🙂 eniwey, nama jagoanya dah nemu lum Pak?

    +++ sudah jeng +++

  30. berubah status jadi jomblo ah…:D

    +++ dasar situnya aja udah jomblo :p +++

  31. Big job, big salary, big responsibility, big pressure, mungkin seperti itu yah?

    +++ benul sekali jeng +++

  32. 32 masmoemet

    waras >> status : disable
    moemet >> status : enable

    +++ status YM ya bro😀 +++

  33. Susah yahhh… nggak dipromosi2in pusing, udah dipromosiin masih pusing juga… trus maunya apa toh😛

    Nggak perlu minder lah, bikin susah diri sendiri aja kan… Mending konsen aja ama kerjaan biar bisa cepet dipromosiin lagi😛

  34. “Uwong kuwi mung wang sinawang Le”
    artinya, orang hanya melihat apayang dilihat dengan mata kepala saja, tanpa pernah merasakan dan menyimaknya dengan mata hati,
    makanya ketika masih karyawan biasa, mata kepala hanya melihat dan merangkum apa yang biasa dilihat, namun ketikan mendapat promosi, maka mata hati teman anda lah yang mulai melihat komposisi antara harga diri, gengsi, dan penamilan sehari hari.
    padahalbelum tentu apa yang kita lihat sesuai dengan keseharian mereka yang kita lihat di rumah.
    bisajadi yang kita lihat bawa henpon anyar iutu, ternyata di rumah sering geger dengan istrinya, lha wong kita ndak tahu, hanya wang sinawang atau melihat secara luar
    simple casenya adalah Ryan dari jombang, ketoke kost di tempat mahal ning asline… KERE to …

    nuwun


Leave a Reply

