Konsumen Selalu Di Rugikan?

20Feb08

Kalo dari pagi pikiran udah betmen betmut, yaaa pasti seharian ada aja yang bikin betmut. Sepertinya pas hari itu kok jadi menyebalkan semua.

Berawal kemarin pagi, jam 06.30 saya mendapati power supply baru buat komputer yang saya beli ternyata tidak berfungsi dengan baik, ada satu port yang ternyata setelah saya teliti tidak bisa menghantarkan aliran listrik dengan baik, beeuuuuhhh mau nukerin males tokonya jauh dari jangkauan. Saya cuma kepikiran kok bisa-bisanya barang begitu lolos produksi.

07.30 saya putuskan berangkat kerja glidhik, tidak lupa mampir di pom bensin mengingat cadangan bahan bakar di tangki sudah menipis. Sampai di pom bensin, tangki bahan bakar saya isi full tank. Saya amati di billing-nya tercatat habis 19.745 rupiah, dan saya-pun menyodorkan uang 20.000 rupiah. Sambil nutup jok, saya menanti kembalian uang saya yang masih sekitar 250 rupiah, tapi di tunggu-tunggu si emas-nya gak ngerti atau gak mau ngerti dan sayapun diam saja dan mengikhlaskan tidak menerima uang kembaliannya.

16.30 sehabis pulang ngantor ngeblog, saya sempatkan mampir di swalayan buat membeli obat nyamuk elektrik untuk mengisi ulang obat nyamuk yang kebetulan sudah habis persediaanya. Di billing kasir tampak sejumlah harga yang harus saya bayar sebesar Rp.8750. Saya sodorkan uang 9000 rupiah. Dan si embaknya bilang gini ke sayah :

Mas, kembaliannya korek saja ya?

E’ ladalah saya sudah gak bisa ngomong apa-apa lagi. Saya putuskan diam, menerima korek dan berlalu dari muka si embak. Sambil nggrundhel di dalam hati.

Kok ya di kasih korek, mbok di kasih permen saja, wong biasanya juga dapet uang kembalin berbentuk permen.👿

Dalam berbagai kesempatan, mungkin di terima atau tidak, kita yang notabene sebagian besar adalah konsumen sering menjadi korban ketidakadilan. Namun apa daya, kita yang selaku konsumen saya secara pribadi selalu nrimo di perlakukan seperti itu.

Biarin saja lah, wong cuma kembalian 100 perak, 200 perak ini.

Biarin saja, dapet kembalian permen, emang uang seratus dapat apa sih?

dan sebagainnya dan sebagainya…

Sebenarnya saya menyadari bahwa perlindungan terhadap kunsumen di negara kita sangatlah lemah. Tetapi kepada siapa aku harus mengadu?



21 Responses to “Konsumen Selalu Di Rugikan?”

  1. ga ngebaca dulu… kali aja jadi yang pertamax

  2. jangan ganggu lagi ngebaca dulu

  3. Sebenarnya saya menyadari bahwa perlindungan terhadap kunsumen di negara kita sangatlah lemah. Tetapi kepada siapa aku harus mengadu?

    ke komnas ham perlindungan anak konsumen mungkin… btw emangnya ada ya? hihi…

    saya juga sering tuh jeng.. begitu.. huff.. coba aja mbak2 kasirnya jelek.. saya balikin.. sayangnya cakep😀 hihi.. *tersipu malu*

    semisal gini gimana jeng?
    -mas kembaliannya saya kasih nomor henpon saya aja ya..?- nrimo atau nda jeng? -kedip-kedip maksa-

  4. lagi musimnya diem-dieman ni…😆

  5. saya juga sering digodain eh salah digituin sm petugas di kasur eh di kasir. aku juga diem ja n ngikhlasin aj tuh kembalian yg berubah bentuk. pernah juga kepikiran kl mw belanja bawa permen dr rumag. ntr kl kita belanja misal hbs 19.153 kita kasih aja Rp. 19.000 sam seutas permen eh…sebutir permen. hehehe jahat juga.tp tu cm angan2 n aku ga pgn bnr2 nglakuin ( kl ga kepepet )😀

  6. ih…
    belanja ga ngajak-ngajak sih jeung
    *hayah*😆

  7. lain kali langsung cium aja jeng….

    /* kaboor…

  8. Saya paling sering ngalami gitu sama supir “taksi lama” keparat. Biasanya kalau kembaliannya nggak sampe 3000 nggak mau ngasih kembalian kalau nggak diminta.

  9. Lha jeung sendiri ndak minta.. Ngotot minta dunk Rp 300 nya (pembulatan), ujung2nya ngdumel,. Hihi..

    *ditabok*

  10. iya tuh.. kita rugi banget kalo dihitung2,, coba dikali berapa dalam sehari pelanggan yg digituin..

    kalo gitu kita balikin aja.. kalo kurang 250 kita bayar kekurangannya dgn korek itu.. dia mau nerima gak yah??

  11. makanya klo beli bensin jangan full tank.. tapi pas in
    beli nya 10000 5000 ato 15000 . .. ngga bakal rugi
    klo ke swalayan.. siapin receh… jadi untuk kassuss sampeyan.. 8750 langsung nda usah nunggu kemblian..

    selain supaya konsumen nda rugi.. kasirnya ngga repot

  12. lama-lama balik ke jaman dulu juga nih. pakai sistem barter..

    Tetapi kepada siapa aku harus mengadu?

    YLKI ?😀

  13. #pengki: masak ke barter sih, nanti jadi primitif kembaliannya donk😛

  14. Soal bensin saya sering ngalamin. Harga dibulatkan seenaknya sama mereka.😮

    Tulisannya 15.700, tapi dikembaliin cuma 4000!!

  15. Hari ini juga saiya mendapatkan perlakuan serupa. Harga yang tertera adalah Rp. 18.950,. ee.. saiya nunggu beberapa saat kembalian itu, namun tak kunjung2 dikembaliin juga. Ya sudah deh, apalah artinya Rp. 50,. Tapi kalo diitung-itung, misalnya ada 500 saja pelanggan dalam sehari dimana Rp. 50,- dianggap hangus, maka pendapatan yg diterima Rp. 25.000,-. Nah, kalo customer lebih dari itu dan nilainya melebihi itu, ada berapa banyak pendapatan sang kasir tersebut? huewewe..

    ah, relakan saja deh, anggap aja itu amal…🙂

  16. duh.. padahal receh itu jangan diganti apa2 ya.. nabung receh kan lumayan.. bisa sampe jalan-jalan ke luar negri lho😀

  17. Ya udah lah cuma kalo cuma 200 an mah…

  18. gw mah ikhlas aja klo mba2nya cakep😛

  19. Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang…

  20. 20 Ivan

    lain kali kalo dikasi permen/korek buat kembalian, bilang aja ama mbaknya “emangnya saya bisa beli barang disini pake permen/korek?”😀

    duit receh kalo di kumpulin juga bisa banyak loh kayak si jimmy


  1. 1 Anak Siapakah Dia? at Taman Bermain Waterbomm

Leave a Reply

