Si Kecil Tanpa Idola

28Feb08

Sampeyan pernah denger atau nonton idola cilik belom? Kalo belom tahu biar saya kasih tahu heuehueue. Idola cilik tuh semacam reality show pencarian bakat nyanyi anak-anak yang di tayangin setiap minggu siang di salah satu tipi suwasta nasional.

Saya bukan mau mempromosi-in tuh acara, bukan juga mau mengkritisi-nya. Saya cuma mau numpang ikut prihatin saja sama anak-anak kecil jaman sekarang. Betapa tidak, dari beberapa kali tayang lagu-lagu yang di nyanyiin tuh anak-anak kebanyakan lagu-lagu punya orang dewasa. Mulai dari lagu-lagu milik T2, Matta, Nidji, Peterpan dan lain-lain. Kalo gak salah, belom pernah ada peserta yang nyanyiin lagu “balonku ada lima”, yang notabene lagu khas anak-anak.

Sejak era, Tasya, Joshua, sepertinya kita belum punya lagi idola buat anak-anak kecil jaman sekarang. Beuuuuh nyinyir juga saya liat anak-anak nyanyi lagu orang-orang dewasa yang penuh kata cinta, ngajari selingkuh, ngajari curang yang sama sekali tidak cocok dengan jiwa dan pikiran si anak.

Saya baru merasa khawatir, setelah junior saya si EL nongol di muka bumi. Saya bingung, dia nanti mau mengidolakan siapa ya? mau nyanyi lagu-lagunya siapa ? saya takut kesalahan pilih idola akan meracuni pola pikir dia yang masih orisinil, pola pikir culun khas anak-anak.

Di pikir-pikir masa kecil saya dulu lebih berwarna. Saya masih bisa mengidolakan superman, superboy, enno lerian, bondan prakoso, Boneka Susan dan tokoh idola cilik lainnya yang bener-bener idola cilik sesungguhnya buat anak kecil.

Atau, biar si EL saya orbitkan jadi penyanyi dangdut cilik? biar anak-anak sampeyan kelak akan punya idola cilik yang sesungguhnya



42 Responses to “Si Kecil Tanpa Idola”

  1. Wahahahahaha….
    bene jeng tayangan idola cilik itu bukan idolanya anak anak tapi idolanya para orang tua, karena acaranya itu buat ngejar rating doang.

    nggak ada acara yang spesifik untuk anak-anak.

    tenang ajah bro.. si EL jangan suruh nonton acara gituan.
    😀

    memang kaco tv sekarang bro. kekerasan ke anak banyak di sinstron, dan itu vulgar banget.

    bener kata said aqil.. INFOTAINMENT HARAM😀

  2. duh bro..anak2 kecil jgn dikasih tontonan atau lagu kek gt….bahaya bro…
    mending lo kasih denger lagu ‘dream theater, my chemical romance, blink, foo fighters, korn dll’ itu lebih membangun si el bro…percaya dah😀

  3. ++ starboard ++
    siyap kang

    ++ si Ujang Kepiting ++
    kurang ngerock bro, saya lebih suka kusples atau dangdut koplo xixiixii

  4. tasya (libur telah tiba, libur telah tiba hore hore..), joshua (diobok-obok anunya airnya, diobok-obok), enno lerian (ada tempe goreng, ada tahu goreng), susan (susan, susan udah gede mo jadi apa?), bondan prakoso (si lumba-lumba), agnes monica (apa ya? lupa), tina toon (bolo-bolo), naek kereta api.. tut tut tut, naik-naik ke puncak gunung, diatas pohon cemara, aku punya gug gug kecil, dll -lagu anak-anak yang sekarang keknya udah musnah, dan ga ada generasinya-

    tralala trilili (rcti, host:agnes monica, indra bekti), dll -acara anak-anak yang udah jarang (hampir ga ada) di semua stasiun televisi-

    semuanya kalah sama kucing garong, matta – ketahuan, sms, nidji, radja, dll

    semua acara televisi sekarang : sinetron (yang ga mutu), audisi-audisi yang melahirkan artis/penyanyi dadakan.

    kak seto cuma nongol kalo ada masalah dengan HAM Perlindungan Anak-anak (artis cerai ngerebutin anak)

    mana? mana? mana? artis cilik (yang nyanyiin lagu anak-anak) angkatan 2000-sekarang siapa? yang banyak malah artis dewasa (halah gayane) kaya.. imam waterbomm(nama acara) 2001(angkatan), detnot waterbomm 2007 atau ga.. imam waterbomm(nama acara) 1(angkatan), detnot waterbomm 2

    laporin ke komnas HAM perlindungan anak ga ya? jadinya biar nambah kerjaan buat tuh komnas HAM, biar ga ngurusin perebutan anak, KDRT terhadap anak. huff..

    -sok serius gituh- wakakakaa..

  5. ++ imam ++
    tengs jeng buat analisa-nya

    btw sampeyan masih punya cita2 untuk melanjutkan keturunan sampeyan juga kan?

    **menatap penuh curiga

  6. btw sampeyan masih punya cita2 untuk melanjutkan keturunan sampeyan juga kan?

    huanjiirr!!!! ya jelas donk.. kalo tak undang dateng ga nih?😛

  7. dulu saya ngefasn sama bondan prakoso.. skrg juga masih ngefans. .
    waktu di funky kopral atau featuring fade 2 black tetep keren
    kronconk prothol nya juga mantep banget dah . ..

  8. yal memang sudah makin ketahuan kalo kita memang miskin lagu anak-anak

  9. lha wong maenan anak2 khas jaman dulu seperti maenan petak umpet, gobak sodor, lompat tali yg penuh dgn aktifitas fisik dan murah meriah sekarang udah kegeser PS dan konco2nya yg pmaennya cm duduk smbl pejet2 tombol

    *sewot krn g bs maen PS*

  10. ++ pangsit ++
    cuma seneng sama lagunya saja kan jeng? ;;)

    ++ didut ++
    agreeee

    ++ masmoemet ++
    wakakka, sama saya juga gk bisa maen PS..bikin boring:mrgreen:

  11. sayang idola anak anak kecil sekarang..cincha lawra atau supermama…
    ( ya gimana jam tanyangan seperti itu pas jam jam anak anak kita sedang melek..sementara bapak ibunya masih kerja )
    wadooohhh

  12. Siyap2 bikin perusahaan rekaman kaset dangdut…
    *segera teken kontrak buwat EL…:mrgreen:

  13. Biar si kecil ngidolain bapak & ibunya saja jeng.
    Jadi tiap hari bapak & ibunya harus nyanyi-nyanyi gitu he.he.

  14. El-nya bisa dibawa kesting ke tempat saya, Pak?😎

  15. saya siyap jadi idola anak anda. -terima kasih-

  16. 16 nazieb

    Mengidolaken saya sajah! dijamin ndak bakal menyesal:mrgreen:

  17. Eh, salah gravatar😛

    *contoh idola yang buruk

  18. beruntung deh dulu ridu mengidolakan trio kwek-kwek.. kalo sekarang yg diidolain itu trio macan.. hehehe..

  19. doooh… ini Bapak kayaknya harus dcekoki obat dulu kali ya…
    😆

    yang jelas, detnot junior sudah pasti mengidolakan tantenya yang anggun ini…😳

  20. lagu anak2 kalah jual sama lagu2 simpel matta😆

  21. iya nih, padahal dulu tu banyak banget lagu2 anak2 di tv. tapi sekarang udah ga pernah lagi ada lagu anak2 macem trio kwek2 di tv.

  22. produser musik sekarang males bikin lagu2 anak2 karena kurang menguntungkan.. mendingan bikin musik2 pop yang jelas2 menguntungkan buat mereka..

  23. sayah dari anak-anak sampe sekarang gak ada yang mengidolakan sayah, kakaka….
    salam kenal😉

  24. parah
    parah
    paraaaaah

    namanya juga nyari duit mas…. kalau nggak dapur nggak bakalan ngepul

  25. makanya di bikin idola cilik… ntar anak sampeyan bisa nge fans sama mereka…😀

  26. walah kang. tu si El enak banget tidurnya.
    lucunya..

  27. ikutin aja pencarian bakat.. hohoo…

  28. kemana sosok pencipta lagu anak-anak seperti Ibu Sued, AT Mahmud, Papa T Bob de el el?

  29. padahal lagu lagu anak2 begitu easygoing utk didengar yo mas..kayak si komo lewat, tuh lagu masih dalam kategori cempluk fans…mgk karena perkembangan jaman, apalagi TV skrg udah jadi doktrin pengubah persepsi masyarakat..jadi si anak2 pun mau gak mau juga berubah pemahaman..

    ntar si baby kalo ikut lomba di kasih tau lagu2 anak2 aja y..😀

  30. 30 boo

    kok angel kang…

    setelno jav, ngrental teko om pangsit _ sendal ‘e,
    dijamin anak sampeyan anteng dan langsung punya idola yg baik dan ndak bener 😆 😆 😆

  31. @ atas….
    masa kecil mu gitu ya jeng?:D

  32. 32 pengki

    kalau si El udah gede, Miyabi pasti udah ngga laku ya..😀😀

  33. nyuh~

    si EL saya orbitkan jadi penyanyi dangdut cilik? biar anak-anak sampeyan kelak akan punya idola cilik yang sesungguhnya

    boleh juga tuu~:mrgreen:

    biar orang” di jaman EL gede nanti punya idola yang jelas..
    (halah..!! Xbb)

  34. 34 sesy

    muridku masih suka nyanyiin naik2 ke puncak gunung versi strawberi tapi. he he he, salah satunya ganti versi pk versi ikan di tambak.😀

  35. 35 detnot

    # iman brotoseno
    memprihatinkan sekali kan kangmas

    #adit-nya niez
    asik-asik:mrgreen:

    #Yeni Setiawan
    udah sering latihan karaoke kok jeng :-”

    #pencari bakat
    siyap juragan 😎

    #Idolanya EL
    -terima kasih kembali –

    #nazieb
    saya sampaikan kpd EL:mrgreen:

    #Nazieb on February 28, 2008 said: Edit Link
    heuehuuee

    #ridu
    sama saya juga ngidolain trio macan

    #Mrs. Fortynine
    jadi pacarnya EL mau gk tante? :kedipkedip:

    #phiy
    setubuuuuuh😆

    #pink
    sampeyan aja jeng bikin album:mrgreen:

    #jimmy
    iya, tanpa memikirkan moral anak2 yg ikut dengerin

    #Dimas
    salam kenal balik brow

    #quelopi
    heuehue, bisa jadi

    #iphan
    apamungkin begitu yak?

    #nico
    kliatan ilernya gak sih?

    #vcrack
    hooohoooo

    #-=«GoenRock®»=-
    udah pada tua, terus lagu2 mrk gk ada yg minat buat di bikin album

    #cempluk
    duuuh jadi kangen masa2 spt itu

    #boo
    wakakakkak, rasah angel2 bapakne yo duwe koleksi lengkap kok😆

    #Jiban
    setubuuh

    #pengki
    heueheueu, pan akan ada miyabi jr juga😀

    #ペコchuu_ :mrgreen:

    #sesy
    walah sampeyan guru toh jeng?

  36. 36 chiw

    #Mrs. Fortynine
    jadi pacarnya EL mau gk tante? :kedipkedip:

    errr… ini bapak ngebet banget pingin punya mantu saya:mrgreen:

    gimana ya…🙄

    sayangnya, saya tidak ditakdirkan jadi pedopil…
    😆

  37. 37 stey

    ihhh..ikut Kondang In Junior apa Dewa Dewi Junior?hahaha..lucuna..

  38. 38 jeff

    Yang menyedihkan hari ini anak kecil yang begitu polos dan lugunya menyanyikan lagu anak2 “Kemarin Paman Datang” harus kalah dalam perolehan sms dengan anak2 yang menyanyi lagu BCL……..

    Apalagi anak2 yang menjual cerita,tiap hari smsnya the best……….

    Memang mereka berbakat tp kok ya berlebihan ya?????

  39. 39 restlessangel

    waaaaaaaaaaaah bener itu. tayangan itu ga mendidik dan penuh aura kapitalisme.
    liat aja polah host-nya dan para jurinya. ga mutu, dlm arti ga mendidik anak2 itu. masak disajikan guyonan dewasa yg penuh ece2an/hinaan ala thukul. trus, astaga dave hendrik yg kemayuuuu, omaigat !!!
    anak2 ketika nonton diajak mimpi utk jd populer, terkenal, jd artis, dll sejenisnya.
    sebenarnya aku udah bikin draft untuk guidance tontonan di tipi2 nasional bagi ortu2.
    disitu udah aku daftar tontonan apa yg mendidik, dan apa yg bisa dipelajari, manfaatnya utk tumbuh kembang mrk. sekaligus tayangan yg ga mendidik dan hanya mengajarkan nilai2 materialisme (popularitas, materi, tampilan fisik).

    tp masih males utk finishingnya…^^

  40. # chiw on March 3, 2008 said:
    😆
    # 37 stey
    hburan anak kecil versi dewasa jeng

    # 38 jeff
    ironis

    # 39 restlessangel
    setubuh jeng

  41. Thank you for writing this beautiful/14.02.2011 23:30:35

  42. Nice site and useful article. Thanks.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: