Recovery Data Hardisk

26Mar08

Beginilah nasib orang yang kerja di depan komputer. Orang-orang itu taunya kalo kerja di bagian komputer itu pasti kitanya pasti tau segala sesuatu tentang komputer, dari masalah ketik mengetik surat, install sampe bongkar-bongkar CPU, pokoknya di anggap dewa komputer kali ya, walopun simbok saya di rumah taunya kerjaan saya itu cuma main-main di depan monitor dan ngetikin surat-surat :mrgreen:

Begitupun dengan pengalaman saya kemaren, habis pulang kerja di samperin tetangga yang kebingungan ampe mau nangis-nangis gara-gara data-data penting skripsinya ilang. Katanya sih gara-gara mau di install ulang windows -nya, kapasitas partisi C- nya di tambahin, gak taunya data di drive D: dan E: hilang.

Untungnya, di komputer saya ada 3 master buat me-recovery data hardisk yang hilang akibat di format atau ke delete atau apapun kondisinya.

Pertama saya colokin hardisk punya temen ke komputer saya biar kebaca sebagai secondary master, lalu run Software Easy Software, pilih hardisk yang akan di recovery lalu lakukan scanning. Kurang lebih 2 jam untuk men-scan hardisk berkapasitas 40 GB, dan 2 jam untuk merecovery data-nya.

Berhubung, di scan dengan option deleted recovery dan format recovery datanya gak berhasil di baca, kepaksanya di scan dengan option RAW recovery. Huhuuuu datanya berhasil diselamatkan semua, yah walopun filename-nya udah pada gak ada, tapi 100% data bisa di baca dengan utuh tanpa kerusakan yang berarti. Enaknya lagi tuh software, mengkelompokan data yang hilang berdasarkan extensi-nya. Data word di simpan di folder DOC, data gambar di folder JPG, data excell di folder XLS dan lain-lain sesuai dengan extensinya, jadi nyari datanya lebih mudah.

Hebatnya lagi data-data jaman purba yang udah pernah di delete, bisa ke recovery lagi, termasuk recovery tanpa sengaja file-file “kesegaran” koleksi tuh orang:mrgreen:

Sekedar sharing aja, siapa tahu suatu saat sampeyan mengalami kasus yang sama, jadi sampeyan gak perlu kebingungan lagi.

Sssssssstttttt, eh jeng postingan sampeyan ini udah basi lo.

Biarin saja jeng, basi-kan bagi sampeyan yang sudah tahu dan pernah mengalami kejadian serupa, bagi mereka yang newbie dan sedang kebingungan mau merecovery data hardisk-nya yang hilang bisa jadi postingan ini jadi dewa penyelamat bagi mereka.

**Menengadah dengan jumawa**



20 Responses to “Recovery Data Hardisk”

  1. 1 ika

    wah ni info berharga banget nih,,tengkyu tengkyu,,kemaren2 saya ya sempet ada masalah kehilangan2 data gitu en selalu saya bawa ke tukang benerin kompie (halah bahasanya) soalnya ndak mudeng cara recovery,,haha taunya ngerusak doang tapi ga mudeng recovery :))

  2. kalo udah basi diangetin lagi jeng…
    waktu ntu saya pake apa ya… easy recovery..
    datanya kebaca cuma.. ga bisa ditarik.. cuma sekedar ngasih liat doank😦

  3. 3 Okta Sihotang

    manteeep jorr…
    okta juga pernah seperti itu, kemarin PC ku hardisknya kres gitu, lalu coba install easyrecovery, and the files are kembali lagi, memang ada sih nama filenya yang aneh..alias nggak seperti dulu waktu amannya..🙂

  4. 4 masmoemet

    kok aku ga kenal sampeyan dari dulu yah kang. pernah tuh tugas2 akhir semesterku ilang gara2 ke ghost. karena aku dulu bodo’ ( sekarang makin bodo’ ) jadi yah ngais2 bahan dari disket ( jaman dulu plesdis masih mahal )

    *ga tanya yah ? hehe*

  5. 5 ridu

    file zip yg udah kedelet pake easy recovery bisa juga gak jeng?? btw itu freeware atau bukan?? ntar malem mo donlot ah.. *nunggu benwit kenceng..

  6. *summon ekowanz yang kehilangan bokep2nya*

  7. 7 nico

    mayan, kapan2 kalo diperluin

  8. pake finaldata ajah. dijamin lebih ok dari ontrack. filename kembali lagi. data2 kembali beserat struktur direktorinya😀

  9. 9 chiw

    hihi…
    saya sih gampang jeng… tinggal bawa hardisnya ke sidoarjo…
    :mrgreen:

    *pemalas*

  10. ya saya kehilangan bokep koleksi bertahun2 hiks….

    termasuk recovery tanpa sengaja file-file “kesegaran” koleksi tuh orang

    ini ga dibagi jeng :p

  11. Hmm… Boleh juga…😀

  12. freeware bukan ya?

  13. ada kok versi trialnya, silahkan di download, tuh udah saya kasih linki di atas:mrgreen:

  14. # ika
    u’r welkam jeng

    # 2 waterbomm
    bisa d recover kok jeng

    # 3 Okta Sihotang
    yg penting data selamat bro

    # 4 masmoemet
    loh bukane sampeyan temen saya dr dulu:mrgreen:

    # 5 ridu
    pokoknya ada semua jeng…lengkap deh pokoknya

    # 6 HARUHI-ism
    di restore aja kang

    # 7 nico
    siyap

    # 8 chiw
    ngapain jeng, di celupin d lumpur?:mrgreen:

    # 9 eko marssetiawan
    walah masih kurang sama koleksinya?

    # 10 adit-nya
    boljug ya dit:mrgreen:

    # 11 jimmy
    ada kok versi trialnya, silahkan di download, tuh udah saya kasih link di atas:mrgreen:

  15. jadi kepengen nyoba, tapi ntar si kompie sakit nggak yah?

  16. software easy recovery emang paling tobh tu! gw pernah ngerecover harddisk temen gw, lumayan lah sebagian besar datanya terselamatkan. gw sih… ehm… pake versi bittorrent punya hehe.😀

  17. 17 papa_grace

    hallo,

    saya hari ini barusan manggil teknisi utk format ulang pc saya.
    tapi ternyata gagal dan malahan partisi hd tidak terbaca. hanya terbaca satu partisi disitu dan capacitynya full alias seakan2 belum ada data di hd. padahal sebetulnya hd itu belum telanjur diformat.
    pertanyaannya, apakah masih mungkin data2 saya ditarik kembali?
    terima kasih atas pencerahannya yah. hati saya dah berdebar2 nih, takut foto2 kenangan anak saya waktu bayi terhapus semua.

  18. 18 shelly

    wah trims yach udah ngasih tau

  19. 19 adri

    Tuk ilmu ga da Basinya broo…thanks..

  20. freeware bukan ya?


Leave a Reply

