Tambal Ban…

25Feb08

Gara-gara jalan menuju home sweet home rusak parah, permukaan jalannya sudah layaknya seperti sungai yang kering akibatnya meninggalkan 3 tambalan pada ban dalem motor saya. Huuuuh batu-batu lancip jalanannya itu yang melukai-nya.

Kalo sudah begitu, yang harus dilakukan adalah bersabar dan sesegera mungkin menuntun motor mencari tukang tambal ban sedekat mungkin, biar kaki gak linu-linu buat menanggung beban berat.

Sambil menunggu tambalan ban selesai, saya kok kepikiran yang enggak-enggak aja. Saya itu jadi penasaran apakah tukang tambal ban itu hanya ada di negara kita saja ya? Kok saya belum pernah liat di pilem-pilem atau berita dari europa atau amerika pokoknya luar negeri ada tukang tambal ban.

Mungkin sampeyan yang pernah beruntung maen-maen ke luar negeri, pernah gak sampeyan liat ada tukang tambal ban? boleh dong di sharing sama saya, biar saya tidak lagi penasaran:mrgreen:

Kalo di luar negeri tidak ada tambal ban, berarti mereka memakai ban sekali pakai saja kan? bener-bener pemborosan dan tidak kreatif sama sekali.

Bandingkan dengan kreatifitas rakyat kita, hampir semua barang bisa di reparasi…dari panci, ban, wajan, ember bahkan nambal sulam utang-pun kita bisa. Bener-bener kreatif dan berdaya guna. Walopun mungkin masih ada satu warga negara kita yang memang belum mau mampu “nambal”, mungkin beliau sedang belajar cara-cara dan teknik nambal buat mbumpetin semburan lumpur lapindo.



31 Responses to “Tambal Ban…”

  1. pertamaxxxxx

    iya, q jg lom pernah liat tuh di pilem2 yg ngesyut adegan tambal ban ( ga pny tipi jd ga pernah nntn pilem ). buka usaha tambal ban aja di luar negri hehehehe

  2. *ngguin orang luar negeri komen*

  3. ya ya ya.. sepertinya ndaa ada yang nambal ban .. .

  4. Jeng..jeng.. tau kan tubeless itu dari mana? ya dari Luar Negeri…

    jd mereka ya nambal ban juga lah.. walau mungkin karena jalanan di tempat mereka jarang rusak jadinya ban nya awet, ganti kalo ban nya mbeledos atau dah gundul.
    😀

  5. Eh iya tadi pagi baca berita kalo ada yang nambal ban pake listrik sebagai pemanas nya, bukan make api dan minyak tanah atau spiritus, cuman butuh waktu 3 menit katanya.
    😀

    komen 3 kali😀

  6. di Filipina ridu gak nemuin tukang tambal ban.. tukan nanas banyak banget..

  7. cita-citaku adalah menjadi tukang tambal ban, …. heu heu heu

  8. hehehe… bener juga yak, kayaknya nggak ada pilem2 yang nayangin adegan nambal ban… sayang saya belon pernah ke luar negeri.

  9. semuanya jadi berapa bang?

  10. agh tambal ban..
    -btw udah berapa lama punya KTE? *siul-siul*-

  11. di luar negeri gak ada tukang tambal ban lantaran gak ada jalan rusak dan gak ada paku berserakan di jalan.. dan yang pasti gak ada tukang tambal ban yang menyebarkan paku di jalanan untuk mencari korban😀

  12. saya pernah nanya ke temen orang perancis, dan dia hanya ketawa jeng. katanya ban di sana kualitasnya bagus-bagus dan sekali bocor, langsung diderek ke bengkel.

    mari jadi TKI spesialis tambal ban ke luar negeri!😀

  13. Gimana klo ban2 bekas dari luar negeri yg udah bocok kita lungsur aja.. kan lumayan, bisa di tambal lagi.. hehehehee…

  14. Siapa yang mau di ban?

    *lospokus*

  15. haha…. saya pernah mpe 12x tambal ban (untuk 1 ban) mpe akhirnya ganti ban!! marmos okh (marai emosi)😛

    dan dluar negri sana… hehe saya gak nemu tukang tambal ban… hihihi… yaaah disana gak kya disini si… jalanannya halus mulus…. (mungkin sering dikasi lotion juga kya kulit manusia, haha) yaaaah… lagian kadang tukang tambal bannya mang sengaja ato kadang iseng kasih jebakan (iseng2 dapet pelanggan tambal ban yang banyak) , kya paku ato klip di sela2 konblok (bener gak tuh tulisannya? hmmm…)

  16. ehmm..let me think…waktu ke arab, mesir, sing, malay, hong, chin, ga nemu tuh tambel ban…apa mereka ga se-kreatip warga negara indon??atau sebaliknyah??😉

  17. aku dah pernah nonton (ning pilm apa ya?), ada kok tukang tambal ban, tp biasanya m,a bengkel juga sih. he he he

  18. Ada lho!!! Saya ngerti berkali-kali adegan di TiPi pas orang luar negeri ganti ban…

    Di film “Grand Prix F1” sama “Moto GP Race”😀

    *kabooorrr

  19. Mereka nambal sendiri, pake semprotan (ga tau sebutannya apa, aku sih bilangnya semprotan) bentuknya kayak pilox, disemprotin aja ke ban yang bocor, ketambel deh… abis itu tinggal diisi angin pake pompa sendiri…

  20. Ganti ban iya. Tambal ban? Nggak pernah dengar tuh. Mungkin memang jalannya bagus.
    *ga pernah ke luar negri

  21. Mungkin orang luar klo bannya rusak, langsung beli yg baru kali yah…😛

  22. Sebenerna kita juga kagak perlu takut kalo ban bocor, terus kagak ketemu tukang tambal ban. Selama kendaraan kita itu…. Setum, atau… Tank… Semuanya beres, kagak usah takut bocor!:mrgreen:

    Eh… setau ane, di luar negeri juga banyak tukang tambal ban…. Philipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar… bejibun juga tukang tambal bannya:mrgreen:

  23. eiya… bener kok emang…

    kata ayahku, masiyo nyari sampek elek, di neri tetangga paling deket alias malingsia itu, ndak bakal ditemukan tukang tamban bal.

    gimana kalo kita mendiriken usaha disana?
    😀

  24. Di Arab juga ga ada tambal ban lowh,
    tertarik ke sana?😆

  25. jadi inget dulu ban motor saya bocor, nyari tukang tambal ban ndak nemu2. Begitunya ketemu pas dibongkar sama tukang tambal bannya, tenyata ban motor saya sudah putus kepotong gitu. Kepaksa beli ban batu hiks…

  26. 27 stey

    wekekeke..kreatif..negara kita emang kreatif yah?

  27. modus baru…korupsi aspal

  28. 29 Aroyz

    Hahaha..gw c g pnah k luar negri..tp kaeakx emang g ad tukang tmbl ban d sna..

    Ngpain jd tkang tmbl ban d negri orang,mendingan jd guru tambal ban aj d sna..so,tukang tmbl ban d ngara kt bs sejahtera hdpx..

    Brafo tkang tmbal ban..brafo..hahahaha

    Krn gw jg tukang tmbl ban d jogja,jln adisucipto 48 depok,seleman (janti)

    JANTI BAN

  29. dilaur negri ada juga tambal ban..tapi bukan seperti di indonesia ada nya di kaki lima-kaki lima..di luar negri dimana aja ban nya bocor tinggal telpon lalu diderek kebengkel..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: